Manfaat Buah Talas Bagi Kesehatan

Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan. Talas merupakan salah satu jenis umbi umbian. Didaerah tertentu biasanya talas dijadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi. Namun pada saat sekarang ini sudah banyak makanan olahan umbi talas, seperti dijadikan cemilan. Talas merupakan sumber pangan yang penting karena selain merupakan sumber karbohidrat, protein dan lemak, talas juga mengandung beberapa unsur mineral dan vitamin.

Umbi talas memiliki efek farmakologis anti pembengkakan (antiswelling). Kandungan kimia yang ada dalam tumbuhan ini adalah zat besi, kalsium, garam fosfat, protein, vitamin A dan B. Bagian yang bisa adalah daun, umbi, dan seluruh tumbuhan.
Talas juga bahan pangan sempurna, karena setiap cangkirnya mengandung 18% potasium, 30% mangan, dan kalium yang Anda butuhkan. Potasium berguna untuk menjaga kerja jantung dan tekanan darah, mangan menjadi andalan lancarnya metabolisme protein dan lemak di dalam tubuh, sementara  kalium baik untuk menjaga kesehatan jantung.
Selain sebagai bahan makanan dan cemilan umbi talas ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Yuk simak manfaat talas bagi kesehatan.

Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan :

manfaat buah talas bagi kesehatanMenjaga Sistem Pencernaan
100 gram talas kukus tanpa bumbu mengandung 142 kalori dan hanya mengandung 0,75 gram lemak, sedangkan seratnya sebanyak 5,3 gram. Jumlah ini sudah memenuhi 20,5% kebutuhan serat kita dalam sehari. Diketahui bahwa serat sangat bagus untuk memperlancar sistem pencernaan.
Mencegah Penyakit Jantung dan Tekanan Darah Tinggi
Buah talas dapat mencegah risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Talas rebus tanpa tambahan bahan lainnya, 100% bebas dari kolesterol. Kandungan sodium dalam 1 cangkir (132 gram) talas hanyalah 20 mg, atau hanya 1% dari konsumsi batasan konsumsi sodium harian.
Getah Daun Talas Mengobati Luka dan Gatal-gatal
Getah daun Talas biasa digunakan untuk menghentikan pendarahan karena luka dan sebagai obat untuk bengkak. Pelepah dan tangkai daun yang dipanggang dapat digunakan sebagai obat gatal-gatal. Pelepah daun juga diyakini mampu mengobati gigitan kalajengking.
Menjaga Kolesterol
Talas juga menjaga kolesterol darah tetap rendah.
Menjaga Pertahanan Tubuh
Dalam 1 cangkir jus talas mengandung 11% vitamin C sumber zat antioksidan. Kandungan vitamin C  pada talas dapat memperkuat pertahanan tubuh dengan membantu percepatan gerak sel darah putih. Ini sangat baik bagi yang sering kena flu.
Selain itu dalam satu cangkir talas juga dapat memenuhi 19% vitamin E dan 22% vitamin B6 kebutuhan harian Anda. Bersama dengan vitamin C, vitamin B6 juga membantu menjaga imunitas tubuh, sedangkan vitamin E menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit
Talas juga dapat menjaga kesehatan mata. Ini karena Kandungan beta carotene (nutrisi setara vitamin A) pada talas bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan meningkatkan fertilitas.
Sumber referensi :
http://permathic.blogspot.com/2013/07/kandungan-gizi-dan-manfaat-umbi-talas.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *