Jelaskan Pengertian Norma Hukum

LintasZona – Interaksi yang dilakukan antara manusia tentunya tidak luput dari berbagai permasalahan, baik itu permasalahan antara sesama penduduk sipil ataupun masalah antara penduduk sipil dengan aparat pemerintahnya. Oleh karena itu dibutuhkan aturan-aturan yang mengatur jalannya interaksi manusia tersebut, aturan-aturan tersebut biasa dikenal dengan istilah  Norma Hukum. Berikut ini adalah pengertian Norma Hukum dan contohnya, sifat, ciri-ciri norma hukum, dan tujuan norma hukum.

Pengertian Norma Hukum

Norma hukum merupakan salah satu bagian dari berbagai macam norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Norma hukum merupakan aturan-aturan yang dibentuk atau dibuat lembaga-lembaga resmi Negara yang memiliki wewenang penuh. Norma hukum ini bersifat memaksa dan mengikat, yang memiliki tujuan untuk mewujudkan ketertiban masyarakat.

Mengapa norma hukum ini bersifat memaksa? Karena jika tidak dipatuhi oleh masyarakat, maka akan mendapatkan sanksi yang tegas atau hukuman yang nyata. Hal inilah yang menjadi salah satu keistimewaan norma hukum dibandingkan dengan norma-norma lainnya (norma agama, norma kesusilaan, dan norma kesopanan).

Dalam sebuah Negara memilki kekuasaan untuk memaksakan aturan-aturan hukum ini agar dipatuhi oleh masyarakatnya. Selain itu, aturan-aturan ini juga berlaku bagi siapapun yang melakukan tindakan melanggar dan melawan hukum, yang langsung akan diancam hukuman. Adapun ancaman hukuman ini dapat berupa hukuman badan dan hukuman tambahan. Hukuman badan, seperti hukuman mati, hukuman seumur hidup, atau hukuman penjara sementara. Adapun hukuman tambahan bisa berupa pencabutan hak-hak tertentu, perampasan barang-barang tertentu, dan pengumuman keputusan pengadilan.

Untuk mewujudkan tegakknya hukum, sebuah Negara tentunya memiliki aparat hukum yang akan menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditentukan. Seperti, polisi, jaksa, hakim, dan lain sebagainya. Adapun sumber hukum dapat berasal dari falsafah sebuah Negara, pandangan hidup, ajaran agama, nilai-nilai kesusilaan, adat isitiadat, budaya, sejarah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, norma hukum dapat juga menjadi dasar ketentuan norma-norma lain.

Seperti, perbuatan mencuri adalah perbuatan yang melanggar hukum, namun bisa juga perbuatan yang melanggar norma agama, kesusilaan, maupun norma kesopanan. Jadi, bisa saja diantara norma-norma tersebut memiliki kesamaan obyek materinya, namun tidak memiliki kesamaan sanksi/hukuman. Contoh lain, seorang pengendara motor yang mengendarai motor, namun tidak mempunyai SIM. Hal tersebut tentu saja melanggar norma hukum namun tidak melanggar norma agama.

Sifat Norma Hukum dan Ciri-ciri Norma Hukum

Adapun sifat-sifat dari norma hukum adalah mengatur, memaksa, dan mengikat. Adapun penjelesannya sebagai berikut :

  1. Mengatur ; dalam Norma hukum terdapat aturan-aturan yang dipergunakan untuk mengatur tingkah laku setiap individu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari ;
  2. Memaksa ; dalam norma hukum terdapat aturan-aturan mengenai perintah serta larangan yang sifatnya memaksa, dan wajib ditaati oleh setiap individu ;
  3. Mengikat ; dalam norma hukum berisi aturan-aturan yang bersifat mengikat dan diberlakukan bagi setiap manusia. Setiap individu mempunyai kesetaraan kedudukan dimata hukum. Sehingga, tiap-tiap individu tersebut wajib mematuhi norma-norma hukum yang berlaku. Selain itu, norma hukum ini memiliki sifat mengikat bagi setiap individu tanpa adanya diskriminasi, atau memandang latar belakang serta kedudukan seseorang.

Menurut pendapat Asshiddiqie norma hukum memiliki ciri-ciri yakni ; adanya Kebolehan melaksanankan sesuatu, terdapat Saran-saran positif untuk melakukan sesuatu, dan adapula Saran-saran negatif untuk tidak melakukan sesuatu, Perintah positif untuk melaksanakan kewajiban, serta adapulan Perintah negatif yang tidak membolehkan melaksanakan sesuatu.

Tujuan Norma Hukum

Setiap norma-norma yang terdapat dalam suatu masyarakat, tentunya memiliki tujuan tertentu. Sama halnya dengan norma hukum yang keberadaannya memiliki tujuan-tujuan tertentu, sebagai berikut ;

  1. Norma hukum menjadi sebuah pedoman atau pegangan hidup bagi semua masyarakat yang berada di Negara tertentu. Hal ini menunjukkan kejelasan bahwa dalam kita melakukan segala aktivitas di sebuah wilayah atau Negara tertentu, haruslah menjalankan pedoman-pedoman dan aturan-aturan yang berlaku di wilayah tersebut.
  2. Norma hukum bisa mewujudkan ketertiban dan menjaga stabilitas dalam sebuah masyarakat. Kehidupan warga masyarakat yang aman, tentram, dan stabil tentu saja menjadi cita-cita semua warga Negara dimanapun itu. Dengan adanya ketertiban masyarakat ini, dapat mencegah munculnya perbuatan semena-mena antar warga satu dengan warga lainnya.
  3. Norma hukum bisa menjadi batasan yang membatasi tingkah laku manusia. Batasan ini bisa berupa larangan atau perintah dalam bertindak dan berprilaku. Dalam melakukan kegiatan sehari-hari terkadang manusia melupakan batasan, apalagi jika tidak ada norma hukum. Maka akan menimbulkan permasalahan, bahkan kekacauan dalam berinteraksi dengan sesama manusia. Oleh karena itu, norma hukum menjadi pilar penting dalam menjaga kedamaian lingkungan. Selain itu, perintah juga terdapat dalam norma hukum, seperti perintah untuk mematuhi peraturan lalu lintas atau menjaga kebersihan lingkungan. Jika sebuah masyarakat tertentu tidak menaati aturan, maka harus diberikan sanksi hukum dan juga sanksi sosial sesuai norma-norma hukum yang berlaku.
  4. Norma hukum dapat menjadikan setiap individu melaksanakan penyesuaian aturan-aturan dan norma-norma yang berlaku dalam sebuah wilayah. Karena setiap wilayah mempunyai aturan-aturan masing-masing, sehingga jika kita berada dalam wilayah tersebut, kita harus mampu beradaptasi dengan norma-norma yang berlaku tersebut.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian Norma Hukum dan contohnya, sifat, ciri-ciri norma hukum, dan tujuan norma hukum yang dirangkum admin. Semoga bermanfaat.

 

Sumber referensi:

staffnew.uny.ac.id/upload/130515047/pendidikan/Nilai+dan+Norma_0.pdf

kumparan.com/berita-update/sifat-norma-hukum-dan-fungsinya-dalam-kehidupan-masyarakat-1wicYmsDQmS/3

news.detik.com/berita/d-6006430/norma-hukum-adalah-apa-pengertian-isi-sifat-dan-contohnya

fahum.umsu.ac.id/norma-hukum/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *