Jelaskan Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Manusia memiliki berbagai macam kebutuhan untuk hidup. Kebutuhan-kebutuhan tersebut sifat dan persediannya tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan terbatas jumlahnya. Ketidakseimbangan kebutuhan dan alat pemuas ini, menyebabkan harus ada sebuah kajian yang membahas hal tersebut, kajian ini dikenal dengan istilah Ilmu Ekonomi.

Pada umumnya Ilmu Ekonomi mengkaji tentang cara atau upaya manusia dan sekelompok manusia dalam menentukan pilihan-pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berikut ini adalah beberapa pengertian ilmu ekonomi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), dan juga pendapat para ahli.

Ilmu Ekonomi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan ilmu ekonomi ialah sebuah kajian yang membahas faktor-faktor produksi, distribusi, penggunaan barang atau kekayaan. Adapun yang dimaksud dengan kekayaan didalamnya termasuk uang, perdagangan, atau perindustrian. Selain itu, kekayaan juga berhubungan dengan penggunaan uang, tenaga, waktu dan lain-lain.

KKBI juga menyebutkan bahwa ilmu ekonomi sangat erat kaitannya dengan perekonomian sebuah Negara. Dalam artian, perekonomian yang dimaksud adalah segala aturan atau tata cara dalam melakukan aktivitas ekonomi, seperti aktivitas dalam bidang industri dan perdagangan. Ilmu ekonomi juga berhubungan dengan pengaturan keuangan dalam sebuah rumah tangga, yang dapat digambarkan dalam bentuk organisasi ataupun Negara.

Ilmu Ekonomi menurut Paul Samuelson

Sebagaimana dikemukakan oleh Paul Samuelson (2001) ; Ilmu ekonomi merupakan sebuah kajian tentang cara seseorang dan masyarakat memilih, baik itu menggunakan uang atau tidak. Hal ini dilakukan dengan menggunakan berbagai macam komoditi dari waktu ke waktu, kemudian disebarkan atau didistribusikan untuk dikomsumsi, saat ini maupun dimasa depan, oleh beberapa orang dan kelompok-kelompok tertentu dalam sebuah masyarakat.

Ilmu Ekonomi menurut Aristoteles

Aristoteles mengemukakan pengertian ilmu ekonomi merupakan sebuah cabang ilmu yang dapat digunakan dengan dua cara, yakni ; adanya kemungkinan-kemungkinan untuk dipakai (Nilai Pemakaian), dan bisa juga untuk ditukarkan dengan barang (Nilai Pertukaran).

Ilmu Ekonomi menurut Adam Smith

Adam Smith menyebutkan pengertian ilmu ekonomi merupakan sebuah kajian yang sistematis mempelajari prilaku manusia dalam upayanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang jumlahnya terbatas untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

Ilmu Ekonomi menurut M. Manullang

Manullang mendefinisikan ilmu ekonomi adalah sebuah kajian yang membahas mengenai bagaimana cara pemenuhan kebutuhan manusia dan masyarakat untuk mencapai kemakmuran. Adapun yang dimaksud kemakmuran adalah sebuah keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, dalam bentuk barang dan jasa.

Ilmu Ekonomi menurut Richard G. Lipsey

Richard G. Lipsey mengartikan Ilmu ekonomi adalah sebuah kajian yang membahas mengenai penggunaan dan pemanfaatan sumber-sumber daya yang dianggap langka sebagai media yang tidak terbatas.

Ilmu Ekonomi menurut Khursid Ahmad

Khursid Ahmad memberikan definisi tentang ilmu ekonomi adalah sebuah upaya yang sistematis untuk memahami dan menyelesaikan masalah-masalah ekonomi dan tingkah laku manusia yang berhubungan dengan masalah tersebut ditinjau dari pandangan Islam.

Ilmu Ekonomi menurut Abraham Maslow

Menurut Abraham Maslow ilmu ekonomi merupakan sebuah cabang ilmu yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan manusia. Masalah-masalah ini dapat berupa masalah dalam bidang ekonomi sesuai dengan prinsip-prinsip dan teori-teori yang efektif dan efisien.

Ilmu Ekonomi menurut John Stuart Mill

Tokoh filosof terkenal dari Inggris John Stuart Mill mengemukakan pendapatnya tentang Ilmu Ekonomi adalah sebuah cabang ilmu pengetahuan yang bersifat praktis dan sains pratikal ini, didalamnya membahas tentang sumber-sumber pemasukan dan pengeluaran, selain itu juga ilmu ekonomi membahas tentang aktivitas produksi dan distribusi kekayaan.

Ilmu ekonomi menurut Suherman Rosyidi

Suherman Rosyidi adalah salah satu filosof terkenal Indonesia, dia mengungkapkan definisi ilmu ekonomi sebagai sebuah disiplin ilmu yang mampu memberikan pengetahuan. Adapun pengetahuan yang dimaksud disini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gejala-gejala yang muncul dalam lingkungan masyarakat, yang diakibatkan oleh banyaknya aktivitas manusia itu sendiri. Aktivitas manusia yang dimaksud disini adalah usaha-usaha untuk mencapai dan memenuhi kebutuhannya, atau yang biasa dikenal dengan istilah kemakmuran manusia.

Ilmu Ekonomi menurut Gregori Mankiw

Gregori Mankiw menyebutkan pengertian ilmu ekonomi sebagai sebuah disiplin ilmu yang membahas tentang bagaimana cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang dianggap langka.

Ilmu Ekonomi menurut Penson

Penson menyebutkan pengertian ilmu ekonomi sebagai sebuah kajian yang membahas tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan kesejahteraan material yang ada pada diri manusia. Adapun bentuk dari kesejahteraan material ini seperti barang dan jasa.

Ilmu Ekonomi menurut J.B Say

J.B Say mengemukakan definisi ilmu ekonomi sebagai sebuah kajian yang didalamnya terdapat peraturan-peraturan yang dapat mengatur kekayaan seseorang atau masyarakat.

Demikianlah beberapa pengertian ilmu ekonomi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), dan pendapat para ahli yang dirangkum admin. Semoga membawa manfaat.

 

Referensi:

Subandi. 2006. Sistem Ekonomi Indonesia. Bandung: ALFABETA

www.stiepasim.ac.id/pengertian-ilmu-ekonomi-menurut-para-ahli/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *